Kamis, 04 November 2010

Pis-10-05 _jurnal 2_Input/Output Device


RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Sebuah bagian dari sistem komputer yang sangat penting. Tidak hanya pada komputer PC maupun notebook saja yang membutuhkan RAM, PDA dan banyak perangkat elektronik lain pun ikut membutuhkan bagian ini.

Dan untuk setiap peralatan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Misalkan saja sebuah komputer yang masih menggunakan operating system lama contohnya Windows 98, maka RAM yang dibutuhkan tidak akan sebesar komputer yang menggunakan Windows XP sebagai operating system-nya.


Selain operating system, aplikasi yang dijalankan pun sangat bergantung kepada RAM. Semakin berat aplikasi yang akan dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar. Karena pada RAM-lah untuk sementara aplikasi atau data yang tengah Anda akses tersimpan.

Sedangkan untuk membeli sebuah RAM, bukan bobot saja yang akan menjadi pertimbangan utama. Tapi juga ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya harus ikut dipikirkan. Seperti kecepatan, tipe, jenis soket, dan motherboard yang digunakan.

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

Jenis Printer Dot Matrik
jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain. 








Jenis Printer InkJet
 

 Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis
 Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.



Jenis Laser Jet


Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.








Cara Kerja monitor CRT,monitor LCD dan monitor LED
Cara Kerja Monitor CRT
Alignment (penempatan) yang presisi pada sinar elektron merupakan hal yang penting: Sebuah deviasi yang kecil saja dapat menyebabkan fosfor yang salah tertembak sehingga menghasilkan gambar yang buram. Elektron diarahkan dengan dua cara. Pertama sebuah deflection yoke--sebuah kumparan kawat yang menciptakan sebuah medan magnet--mengarahkan elektron tersebut ke bagian belakang dari muka tabung, dan menyebabkan sinar tersebut berjalan melintang dari atas ke bawah tabung tersebut. Yoke tersebut dengan komponen elektronik pendukungnya adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap integritas dari gambar yang tampak di layar.

Sesaat sebelum elektron tersebut menyentuh fosfor, mereka melalui sebuah shadow mask atau aperture grille yang terletak sepersekian inci di belakang layar, yang menyaring tembakan elektron tersebut agar mengenai fosfor yang tepat. Pada sebuah monitor CRT shadow mask, selembar metal yang memiliki lubang-lubang mengarahkan elektron yang ditembakkan pada lingkaran fosfor. Pada monitor CRT aperture grille sinar diarahkan langsung melalui slot diantara kawat vertikal yang tipis. Pada kedua jenis monitor tersebut, ruang diantara lubang atau kawat tersebut (yang dikenal sebagai "dot pitch" pada jenis shadow mask dan "grille pitch" pada jenis aperture grille) menentukan seberapa detail gambar yang dihasilkan oleh monitor: Secara garis besar, semakin kecil pitch, semakin presisi penempatan sinar tersebut, sehingga semakin jelas gambar yang ditampilkan.

Resolusi sebuah monitor--yang juga berlaku sebagai pengukur tingkat kedetailan yang dapat ditawarkan oleh sebuah monitor--diukur dengan menggunakan angka pixel dan baris. Sebagai contoh, pada sebuah monitor CRT dengan resolusi 1024 kali 768, sinar elektron menyinari 1024 pixel saat melewati tabung secara horisontal dari kiri ke kanan. Saat mencapai tepi layar, sinar tersebut berhenti dan bergerak ke baris di bawahnya. Sinar ini akan melakukan proses yang sama terus-menerus hingga mencapai baris ke 768 dari pixel yang ada di layar. Saat sinar mencapai baris terbawah, ia akan kembali ke atas dan mulai bekerja kembali. Sebuah monitor dengan refresh rate 75Hz menyelesaikan 75 kali pekerjaan bolak-balik dari atas ke bawah selama satu detik! Bila sebuah CRT me-refresh gambar terlalu lambat, maka Anda akan melihat sebuah flicker atau kedipan di layar yang dipercayai menyebabkan kelelahan pada mata.

Cara Kerja Monitor LED

Saat ini, ada banyak model monitor komputer yang tersedia untuk digunakan. Sebagian besar pengguna yang tertarik pada jenis tampilan kristal cair monitor karena mereka menghadirkan desain yang jauh lebih bagus dan beberapa dari mereka juga termasuk fitur yang sangat baik yang menentukan kualitas baik mereka. Ada juga tersedia bagi pengguna untuk menganalisis model jenis tabung sinar katoda monitor, yang telah banyak digunakan di masa lalu. Pada akhirnya, penting bahwa kita semua memiliki kesempatan untuk menganalisis segala macam model dan jenis monitor komputer karena dengan cara ini kita semua dapat memutuskan sendiri mana yang kita anggap yang terbaik bagi kita untuk membeli dan menggunakan . Di antara model-model, LED monitor komputer juga telah dihargai oleh banyak pengguna. Salah satu contoh dari jenis monitor adalah Dell G2410. Ini adalah 24 inch widescreen monitor komputer LED, yang telah dihargai oleh banyak pengguna karena fitur-fiturnya yang telah dianggap sebagai yang baik.
G2410 dell monitor LED komputer telah terutama dihargai untuk konsumsi daya rendah dan kinerja yang hebat yang telah dianggap sebagai sempurna untuk jenis kantor produktivitas.. Fakta bahwa hal itu telah dirancang sehingga dampak lingkungan mungkin berkurang juga telah dianggap sebagai sangat penting oleh pengguna yang telah menganalisis fitur-fiturnya Monitor komputer ini telah dipertimbangkan untuk menyertakan jenis yang sangat efisien catu daya dan konsumsi daya yang sangat rendah kurang dari 1,5 watt dalam mode siaga.Ketika membahas tentang pengurangan dampak lingkungan itu penting untuk disebutkan beberapa materi termasuk dalam desain: merkuri, arsen, BFR dan lain-lain. Ini termasuk jenis didaur ulang kemasan yang terdiri dari karton dan tidak busa. konsumsi daya yang rendah telah dianggap dipengaruhi oleh teknologi LED backlighting disertakan dan efisien jenis power supply yang disajikan.
Di antara fitur-fitur penting lainnya yang harus disebutkan tentang hal inimonitor komputer LED adalah rasio kontras, yang telah dievaluasi di 1000:1 dan jenis dinamis rasio kontras yang dari 1000000:1. Ini juga telah dihargai karena harga rendah dan untuk desain yang telah dianggap cukup bagus.Seperti monitor komputer lain, menyajikan kelemahan juga. Di antara ini satu, penting untuk disebutkan adalah kurangnya fitur ergonomis dan jenis koneksi HDMI.Ini menyajikan resolusi 1920 x 1080 piksel dan termasuk jenis transistor film tipis teknologi matriks aktif,dimensi adalah: 6.2 secara mendalam, 16,1 tinggi, 22,5 lebar dan bobot 8,8 kg. Warna kandang monitor berwarna hitam. kecerahan adalah dari 250 cd/m2.
Its dot pitch juga merupakan fitur penting untuk diperhitungkan oleh pengguna atau oleh pengguna yang tertarik dalam menganalisis fitur ini dan telah dievaluasi di 0,277 mm. waktu respon adalah dianggap sebagai salah satu khas dari 5 ms. Di antara jenis penyesuaian yang tersedia untuk pengguna adalah miring satu. Di antara masukan sinyal penting untuk menyebutkan DVI-D dan jenis VGA. Dukungan warna adalah sebesar 16,7 juta warna. Sebagai kontrol panel depan itu menyajikan power on dan off. Di antara fitur-fitur lainnya adalah penting untuk disebutkan jenis sensor cahaya sekitar disertakan.
Dalam apa yang menyangkut input video termasuk dalam monitor LED komputer ini adalah penting untuk disebutkan Digital Visual Interface (DVI). Jenis-jenis koneksi yang didukung adalah DVI-Digital dan VGA. Di antara kabel yang disertakan adalah tipe VGA dan kabel DVI. Ini juga termasuk panel datar gunung jenis interface dan tipe kunci keamanan slot. Jenis tegangan yang diperlukan oleh monitor komputer adalah AC 120/230 V. konsumsi daya Its telah dievaluasi di 20 watt dalam mode operasional dan sebesar 0,15 watt dalam modus siaga. Ini adalah fitur yang telah banyak dihargai oleh pengguna yang telah dianalisis ini modelmonitor komputer LED. Suhu operasi minimum adalah 41 ° F, sementara yang maksimum adalah 95 ° F. Semua fitur tersebut perlu dianalisis oleh semua orang tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang hal ini monitor komputer.

Cara Kerja monitor LCD
LCD adalah perangkat layar tipis dan datar terdiri dari piksel tersusun di depan sumber cahaya atau reflektor.
LCD, pada gilirannya, menggunakan kristal cair, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1888.. Kristal-kristal cair merupakan zat kimia yang sejalan sempurna ketika dikenai medan listrik, ketika mereka benar selaras, mereka memungkinkan cahaya untuk lulus melalui mereka. LCD menggunakan properti ini dengan menggunakan arus listrik untuk menyelaraskan kristal dan memungkinkan berbagai tingkat cahaya untuk melewati dan membuat gambar dan warna yang diinginkan.
Agar lebih teknis, kristal cair yang terjepit di antara dua lembar kaca terpolarisasi ("substrat"). Sumber cahaya neon, juga dikenal sebagai lampu latar, berasal cahaya yang melewati substrat pertama. Arus listrik yang kemudian menyebabkan kristal untuk menyelaraskan, memungkinkan berbagai tingkat cahaya melewati ke substrat kedua. Hasil akhirnya adalah apa yang Anda lihat pada layar.
LCD bisa menggunakan struktur matriks aktif atau passive-matrix. Kebanyakan monitor LCD, bersama dengan TV LCD, gunakan aktif-matriks.
Setiap diskusi mengenai monitor LCD tidak akan lengkap tanpa "pixel" kata. Pixel adalah titik dalam gambar grafis, dan singkatan dari "elemen gambar". Setiap pixel pada monitor LCD terdiri dari tiga sel - satu untuk warna merah, satu untuk hijau, dan yang terakhir untuk biru. arus listrik digunakan untuk meluruskan kristal cair dalam sel masing-masing begitu ringan yang tidak membungkuk pada tingkat ini. Sebuah matriks aktif thin-film transistor digunakan untuk mengaktifkan sel masing-masing.
Ada model yang menarik banyak monitor komputer yang tersedia bagi pengguna untuk menganalisis di masa sekarang. Hal ini sangat baik karena dengan cara ini, kita semua memiliki kesempatan untuk menemukan tampilan komputer yang sangat baik yang mungkin kita anggap sebagai pilihan yang sempurna bagi kami. Di antara model-model, monitor komputer LED yang sangat menarik yang harus diperhitungkan oleh setiap pengguna yang ingin membeli monitor komputer baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar